Pengalaman Tes di PT. Kokola Group (Legal Staff)

Halo lagi, Assalamualaikum Wr. Wb kawan-kawan ku semua terutama yang masih jobless haha.
Kali ini saya mau sharing pengalaman mengikuti TES di PT. Kokola Group yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2016. Tes dilakukan di Gresik

Seleksi Administrasi
Sebelumnya, saya sudah menaruh CV beserta berkas berkas lainnya terlebih dahulu di Job fair di surabaya (kokola selalu ada di tiap jobfair jangan khawatir), kebetulan waktu itu lowongan legal staff kosong, dan saya beruntung waktu itu ditanyai apa punya sim A? saya jawab ya punya.. dan tanpa menunggu lagi saya diberi kertas kecil yang bertulisan undangan langsung untuk melakukan test psychology dan interview

Psychotest, Test Komputer Dan Interview
 Yup, saya lolos seleksi administrasi dan diundang untuk mengikuti tes di kantor kokola group di pabriknya. Saya cukup takjub melihat pabriknya yang SOP nya dilakukan dengan baik dan benar disana, kita harus jalan di marka yang sudah dibuatkan, disini gak boleh sembarang jalan. saya disuruh menunggu ditempat istirahat bareng pekerja disana, panas sekali disini... kurang lebih 30 menit saya dan peserta lainnya dipanggil untuk masuk ruangan di pojok yang dimana merupakan ruangan meeting, disini saya dan peserta lainnya dilakukan psychotest, sempet minder karna lawan saya S2 kebanyakan.. saya kerjakan sebisa saya, alhamdulillah saya lolos ke next step yaitu test komputer, disini kita akan ditest dengan menulis ulang untuk microsoft word dan menulis ulang beserta mengerjakan dengan rumus-rumus di microsoft Excel. setelah test komputer maka step selanjutnya yaitu Interview bersama HRD, biasanya yang menangani mbak HRD (sapa ya lupa saya namanya) beliau tegas jadi kalian jangan gentar kalo dikasih pertanyaan yang menjerumus tentang pengalaman, tetap tenang atur posisi duduk senyaman mungkin, dan jangan menyela percakapannya dan pastikan kalian telah membaca profil data kokola group sebelumnya. setelah selesai maka saya diberitau untuk hasil akan diumukan paling lambat 1 minggu lagi, karna masih lama untuk pengungumannya, maka dari itu saya balik pulang ke malang


Tes Kompetensi dan Interview User
gak pake lama ternyata besoknya saya dapet telpon dari HRDnya untuk diundang ke interview user, Sempet kaget juga bisa lolos sampe tahap ini, karena peserta lainnya kebanyakan S2 dan ada pengalaman yang lebih banyak, disini testnya bukan di pabriknya lagi namun di PT Unimos (kokola merupakan hasil kerjasama dari 2 perusahaan, ini salah satunya nah kalo keterima kita bakal ditempatkan disini nih) , disini nanti kita dihadapkan langsung sama head legalnya, kali ini siapkan mental kalian karena ini bakal menguras banyak tenaga (usahakan belajar terlebih dahulu) kalian akan ditanyain semua ilmu hukum, bukan cuma hukum perusahaan doang, namun hukum pidana. hubungan industri dan hukum ketenagakerjaan juga ditanyain, ternyata benar dugaan saya meleset saya cuma belajar hukum perusahaan dan perjanjian saja dan itu hanya ada di 2 pertanyaan saja sisanya meleset......
dan akhirnya di akhir interview saya kerasa banget gak bakal keterima karna blunder saya di uji kompetensi... namun kelak saya akan berusaha lebih giat lagi untuk masuk ke perusahaan ini lagi...

Comments

  1. "kalian akan ditanyain semua ilmu hukum, bukan cuma hukum perusahaan doang, namun hukum pidana. hubungan industri dan hukum ketenagakerjaan juga ditanyain"..
    Ini berlaku untuk yang legal staff aja apa semua jabatan mas?
    Dan contih hukum pidana, hubungan industri, hukum ketenagakerjaan maksdnya gmn? Boleh share lebih dtail mungkin.
    Makasih🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh CV Pizza Hut (Buat yang Mau Ngelamar Kerja Full Time atau part Time di Pizza Hut)

Pengertian Hak Landerijen Bezitrecht